Jumat, 26 April 2019

﴾ Nikah Membuka Pintu Rezeki, Benarkah? ﴿



🔴BANYAK kaum adam yang nampak menunda-nunda untuk menikah, alasannya klasik, belum mapan, belum punya pekerjaan tetap, belum punya rumah dan belum-belum yang lainnya.

🔴Padahal dengan menikah, pintu-pintu rezeki itu akan terbuka. Benarkah? Bagaimana bisa?

📖“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. an-Nur: 32)

🔴Allah ﷻ menegaskan dalam firman-Nya di atas, Ia berjanji akan memberikan karunianya. Ini yang perlu kita yakini dengan sebenar-benar keyakinan.

🔴Pun begitu dengan Rasulullah ﷺ. Dalam sebuah sabdanya, nabi ﷺ memperkuat firman Allah ﷻ di atas.

📄Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Ada tiga orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah ﷻ:

🔹(1) orang yang berjihad di jalan Allah ﷻ,

🔹(2) orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya,

🔹(3) budak mukatab yang ingin membebaskan dirinya.” (HR. An-Nasa’i, no. 3218; Tirmidzi, no. 1655; Ibnu Majah, no. 2518. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

🔴Berikut penjelasan lebih lanjut mengapa dengan menikah dapat membuka pintu-pintu rezeki sebagaimana disarikan dari Ummi.

⭕Pertama, Memperluas silaturahim.

🔘Dua keluarga besar menjadi satu dengan pernikahan, ini bukti nyata bahwa dengan menikah itu mampu memperluas silaturahim. Bukankah silaturahim sendiri dapat menambah rezeki.

📄”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.” (HR. Bukhari).

⭕Kedua, Motivasi lebih dalam berkarya

🔘Memiliki pasangan hidup, itu berarti ada tanggung jawab yang muncul. Sedikit banyak hal tersebut dapat menjadi motivasi untuk berkarya, bekerja lebih semangat lagi.

⭕Ketiga, Lebih irit

🔘Hidup sendiri, terkadang membuat seseorang menjadi boros. Itu karena tak ada yang mengingatkan kita ketika menghambur-hamburkan uang untuk keperluan tertentu.

🔘Dengan menikah, disadari atau tidak, pasangan kita akan membantu menghemat uang yang ada.

⭕Keempat, Berdua lebih baik daripada sendiri

🔘Dalam shalat, berjamaah itu lebih baik ketimbang sendirian. Selain soal pahala yang dijanjikan, hal itu juga menyiratkan soal kebersamaan kita dalam melakukan ibadah kepadanya.

🔘Pun begitu ketika menikah, itu menjadikan hidup kita lebih baik. Allah akan mengaruniakan rezeki untuk dua pribadi yang berbeda.


📑Islampos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)