Jumat, 26 April 2019

﴾ Bila Orangtua Tidak Merestui Calon ﴿



✒Assalaamu'alaikum...

📲Rizal-Buton Sulawei Tenggara-

📑Ustadz bagaimna sikap kita jika saat memilih pasangan tidak direstui oleh orang tua?

📋Syukron jazaakumulloh

📚Jawaban

✍وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

🔵Orangtua pasti memiliki alasan tertentu ketika menghalangi atau belum merestui calon pasangan anaknya untuk menikah. Mereka pada dasarnya menginginkan anaknya bisa hidup bahagia kelak setelah menikah. Hanya saja, sudut pandang nya berbeda dengan sang anak.

📑Ada beberapa hal yang bisa dilakukan bila orangtua melakukan hal tersebut, yaitu :

📄 Mencari tahu alasannya, kemudian melakukan pendekatan sembari memberikan penyadaran kepada orangtua tentang larangan menghalangi anaknya menikah atau memiliki calon pasangan karena pertimbangan-pertimbangan yang tidak syar'i. Carilah waktu yang tepat dan bahasa yang santun.

📄 Tunjukkan bahwa pilihan antum merupakan pilihan yang baik dan paparkan alasan-alasan yang menguatkan. Pada umumnya orangtua khawatir atas pilihan anaknya apakah benar-benar merupakan pasangan yang baik dan tepat untuk anaknya.

📄 Meminta bantuan saudara yang dipercaya atau berpengaruh terhadap orang tua. Hal ini bisa dilakukan untuk menguatkan argumentasi di hadapan orangtua.

📄 Meminta bantuan pihak ketiga bisa ustadz atau orang yang disegani. Pada umumnya orangtua lebih mendengar perkataan seorang ustadz atau orang yang disegani daripada anaknya sendiri.

📄 Shalat istikharah & memohon agar Allah ﷻ mengaruniakan pilihan dan keputusan yang terbaik untuk diri, agama & kehidupan.

📄 Bertawakkal kepada Allah ﷻ atas segala keputusan yang datang dari-Nya. Sebab apapun yang menjadi keputusan Allah ﷻ, itulah yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)