Jumat, 26 April 2019

Bolehkah Berdo'a Minta Dijodohkan Dengan Seseorang?



📑Assalamu'alaykum... ustadz, saya Dessy dari Depok mohon kiranya saya diberi pencerahan, bolehkah saya meminta kepada Allah secara terang-terangan agar dijodohkan dengan seseorang dengan cara menyebutkan namanya langsung dalam tiap do'a?

🔴Jawaban

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

🔴Berdoa kepada Allah ﷻ dengan doa apapun dibolehkan, bahkan dianjurkan selama doa tersebut tidak mengandung dosa, pemutusan silaturrahim dan kezaliman. Sebagaimana dalam hadis shahih dalam Musnad Ahmad dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنْ السُّوءِ مِثْلَهَا قَالُوا إِذًا نُكْثِرُ قَالَ اللَّهُ أَكْثَرُ

📄Tidaklah seorang muslim yang berdoa dengan doa yang tidak untuk keburukan dan tidak untuk memutus tali kekeluargaan, kecuali Allah akan memberinya tiga kemungkinan; doanya akan segera dibalas, akan ditunda sampai di akhirat, atau ia akan dijauhkan dari keburukan yang semisal, ” para sahabat bertanya, “Jika demikian kita minta yang lebih banyak, ” beliau bersabda: “Allah memiliki yang lebih banyak.” ( Musnad Ahmad ibn Hanbal, III/18,hadis no. 11149)

🔴Termasuk bila anda berdoa untuk dinikahkan dengan si A atau B dengan menyebut namanya, dengan syarat si A atau si B tersebut memang lelaki shalih, dan berakhlak baik. Namun lebih utama bagi anda adalah berdoa dengan doa ;

📄“Ya Allah bila fulan baik untukku, maka nikahkanlah aku dengannya…”. Sebab anda tidak tahu keberkahan dan kebaikan mana yang diinginkan oleh Allah bagi anda.

🔴Sebagaimana dalam firman-Nya:

{وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ} [البقرة: 216]

📄“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” QS. Al Baqarah: 216.


📝Allahu A'lam


📚Tanya Jawab Dalam Program Kuliah Pra Nikah (KIPRAH) Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)