Senin, 26 Februari 2018

Ciri-ciri Ibu Idaman yang Sudah Jarang Ditemui


Tahukah anda bahwa tidak semua ibu menjadi idaman bagi anak-anaknya? Misalnya karena terlalu galak, menggunakan kekerasan dalam perkataan maupun perbuatan, ataupun terlalu cuek terhadap anak.
Tapi ada pula ibu yang menjadi sosok idaman bagi anak-anaknya. Berikut ini ciri-cirinya:
1. Perhatian penuh pada anak
Ketika anak membutuhkannya, ibu senantiasa siap mendengarkan celoteh mereka dengan sepenuh hati. Bukankah hal ini sudah jarang kita temukan?
Saat ini TV dan hp tampaknya menjadi saingan utama anak-anak, karena begitu banyaknya ibu yang lebih fokus ke hp dan tayangan TV ketika anak minta diperhatikan olehnya.
2. Berinteraksi dengan anak
Yang disebut interaksi adalah adanya komunikasi dua arah. Banyak ibu yang sekadar menyuapi, memandikan, dan mengantar anak sekolah tanpa ada komunikasi sama sekali.
Cobalah review bagaimana interaksi kita dengan anak-anak. Apakah kita lebih banyak diam daripada bercanda dan bercerita dengan anak-anak?
3. Bahagia dan tak banyak mengeluh
Ibu yang selalu terlihat muram serta mengeluh dan banyak komplain akan membuat anak enggan untuk menyukainya. Sebaliknya, ibu dengan karakter bahagia dan ceria akan mudah disukai anak-anak.
4. Sabar
Namanya juga anak-anak, tentu saja banyak tingkah polahnya, ibu yang bersabar biasanya bisa tetap tenang ketika anaknya melakukan kesalahan, dan bisa menasihati sang anak dengan baik. Ada tipe ibu yang mudah main tangan, pukul atau cubit ketika anaknya berbuat kesalahan, tentunya hal ini menyakiti harga diri anak.
5. Gemar bercerita
Ibu yang suka bercerita biasanya menjadi idaman anak-anak karena membuka cakrawala berpikir mereka. Apakah kita sudah menjadi ibu yang gemar bercerita?
6. Adil
Membagi sama rata bukanlah ciri-ciri adil, adil itu berarti mampu memberikan sesuai porsinya. Ada ibu yang menyamakan kebutuhan si kakak dengan si adik, padahal kebutuhan kakak bisa jadi lebih besar daripada si adik.
Ada pula ibu yang selalu memenangkan si anak laki daripada anak perempuan. Atau sebaliknya, ketidakadilan ini tentu menyakitkan untuk sang anak.
7. Mengenalkan anak pada Allah dengan kasih sayang
Ada ibu yang mengenalkan Allah sebagai zat yang 'menakutkan', kalau tidak shalat akan dipanggang di neraka, kalau tidak pakai jilbab akan digantung rambutnya di atas api neraka, tentunya anak-anak menjadi takut pada Allah karena kesadisan cerita yang didengar dari sang ibu.
Namun ada pula Ibu yang mengenalkan Allah sebagai zat yang maha pengasih dan penyayang, "Kita bisa makan setiap hari karena rezeki dari Allah, kita bisa aman di rumah berlindung dari panas dan hujan karena rezeki dari Allah." Dengan demikian, anak mengetahui bahwa segala kebaikan yang ia nikmati adalah pemberian Allah.
Ummi Online
➖➖➖➖➖➖
۞Allahu A'lam
سبحا نك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك
۩۞۞۞۝۝۞۞۞۩
 *Ust. Miftahuddin*
۝Pembina Grup WA BARIS (Bahasa Arab Praktis), IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami),  KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah), KASABA (Komunitas Saling Berbagi), KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab), KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an), KIPRAH (Kuliah Pra Nikah), KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa), KKS (Kuliah Keluarga Sakinah), KUPAS (Kuliah Parenting Spesial), SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)
Distributed :
۝BARIS (Bahasa Arab Praktis)
۝IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami)
۝KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah)
۝KASABA (Komunitas Saling Berbagi)
۝KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab)
۝KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an)
۝KIPRAH (Kuliah Pra Nikah Online)
۝KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa)
۝KKS (Kuliah Keluarga Sakinah)
۝KUPAS (Kuliah Parenting Spesial),
۝SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)
☎️Info : WA 082138929596
♻️ _Silahkan dishare_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)