Senin, 26 Februari 2018

Hikmah Tauhiid

**
Oleh : AA Gym

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Dialah Dzat Yang Maha Kuasa atas langit, bumi dan segala apa yang ada di dalamnya. Sholawat dan salam  semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Penyebab hidup di dunia terasa berat yang keempat adalah karena tidak bersyukur kepada Alloh Swt. Hidup yang dijalani tanpa rasa syukur akan terasa seperti hidup yang tiada pernah ada ujungnya, hampa, gersang, tidak terasa nikmat. Karena karunia Alloh yang berlimpah itu baru akan menjadi nikmah jikalau disyukuri. Sedangkan jikalau dikufuri malah akan berbalik menjadi sumber nestapa dan penderitaan.

Alloh Swt. berfirman, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrohim [14] : 7)

Harta kekayaan yang tidak disyukuri hanya akan membuat kita semakin sibuk untuk menjaganya. Membuat kita lelah menghitungnya, dan membuat resah gelisah karena rasa takut jikalau berkurang, takut hilang atau takut dicuri orang. Sedangkan harta yang disyukuri akan memudahkan dan meringankan hidup kita. Akan hadir hanya di genggaman tangan kita untuk kita gunakan dengan leluasa, tapi tidak hadir di hati kita, tidak mengotori hati kita sehingga hidup kita tetap ringan dan tenang.

Pangkat jabatan yang tidak disyukuri akan membuat kita merasa terikat, hidup terasa sempit dan rasa takut yang tiada putusnya karena takut kehilangan jabatan tersebut. Takut disalip orang lain saat kenaikan pangkat. Sehingga sedaya upaya ia lakukan demi membuat senang atasannya agar aman posisinya. Ia rela sikut kanan kiri temannya sendiri demi mempertahankan jabatannya. Padahal jika dia bersyukur, yaitu dengan cara menjalankan amanah yang ia pikul dengan penuh rasa tanggungjawab, maka sesungguhnya ia sedang meniti kedudukan tinggi di hadapan Alloh dan di hadapan manusia.

Jadi, hidup terasa berat sebenarnya disebabkan oleh kelakukan kita sendiri, salah satunya adalah sikap tidak bersyukur kepada Alloh Swt. Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh yang pandai mensyukuri segala karunia-Nya sehingga hidup kita pun terasa ringan dan tenang. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)