Senin, 26 Februari 2018

Ketika Istri Lebih Menuruti Orang Tua Daripada Suami, Durhaka kah?

┏﷽🍃🔴🔴━━━━━━┓

۝ *Serial Keluarga Sakinah* ۝

┗━━━━━━━━🔴🔴🍃┛

🔹۩۞۞۞۝🕌📚🕌۝۞۞۞۩🔹

۞﴾﴾﴾ ** ﴿﴿﴿ ۞

🔵Bagaimanakah hukumnya seorang istri yang lebih menaati orangtuanya daripada suaminya? Apakah bisa digolongkan sebagai istri durhaka?

🔵Jangan terburu menghakimi, mari kita simak pembahasannya. Dari Abu Hurairah, Nabi ﷺ bersabda,

📄“Andai boleh kuperintahkan seseorang untuk bersujud kepada yang lain tentu kuperintahkan seorang istri untuk bersujud kepada suaminya.” (HR. Tirmidzi no 1159, dinilai oleh al Albani sebagai hadits hasan shahih).

🔵Ketika menjelaskan hadits di atas penulis Tuhfatul Ahwadzi mengatakan, “Demikian itu dikarenakan banyaknya hak suami yang wajib dipenuhi oleh istri dan tidak mampunya istri untuk berterima kasih kepada suaminya.

🔵Dalam hadits ini terdapat ungkapan yang sangat hiperbola menunjukkan wajibnya istri untuk menunaikan hak suaminya karena tidak diperbolehkan bersujud kepada selain Allah ﷻ.”

🔵Berdasarkan hadits di atas maka seorang istri berkewajiban untuk lebih mendahulukan hak suami dari pada orang tuanya jika tidak mungkin untuk menyelaraskan dua hal ini.

📑Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan, “Seorang perempuan jika telah menikah maka suami lebih berhak terhadap dirinya dibandingkan kedua orang tuanya dan mentaati suami itu lebih wajib dari pada taat orang tua” (Majmu’ Fatawa 32/261).

🔵Dengan demikian, jika ada perselisihan, maka istri wajib mendahulukan suaminya. Meskipun sebisa mungkin menyelaraskan kehendak suami dan orangtua terlebih dahulu.

🔵Akan tetapi perlu juga kita perhatikan, apa yang menjadi poin perintah suami? Jika suami meminta sesuatu yang menyalahi aturan Islam, misalnya istri disuruh memutus silaturahim dengan keluarga dan orangtua, tentu saja perintah yang semacam ini tak boleh ditaati.

🔵Akan tetapi jika berkaitan dengan tempat tinggal, masalah keuangan, sesuatu yang semestinya bisa dibuat kesepakatan sebelum menikah, maka sudah semestinya istri mendahulukan kepentingan suaminya, dan meminta pengertian pada kedua orangtuanya.

📚ummi-online.com

➖➖➖➖➖➖

۞Allahu A'lam

📖سبحا نك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك

🔹۩۞۞۞۝🕌📚🕌۝۞۞۞۩🔹

📝 *Ust. Miftahuddin*

۝Pembina Grup WA BARIS (Bahasa Arab Praktis), IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami),  KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah), KASABA (Komunitas Saling Berbagi), KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab), KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an), KIPRAH (Kuliah Pra Nikah), KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa), KKS (Kuliah Keluarga Sakinah), KUPAS (Kuliah Parenting Spesial), SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)

📡Distributed :

۝BARIS (Bahasa Arab Praktis)
۝IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami)
۝KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah)
۝KASABA (Komunitas Saling Berbagi)
۝KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab)
۝KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an)
۝KIPRAH (Kuliah Pra Nikah Online)
۝KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa)
۝KKS (Kuliah Keluarga Sakinah)
۝KUPAS (Kuliah Parenting Spesial),
۝SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)

📱 *Group WA Karimah (Komunitas rindu menikah) 38*

💞 _Mempererat ukhuwah, saling mengingatkan dan bersama-sama memperbaiki diri, mengkaji ilmu syar'i dalam penantian jodoh, meraih ridha Allah Ta'ala_

📲 *Khusus akhwat (perempuan)*, silahkan klik tautan berikut ini :
https://chat.whatsapp.com/FM7eSxZsyUA7ksZUCjRjw6

📲 *Khusus ikhwan (laki-laki)*, silahkan klik tautan berikut ini :
https://chat.whatsapp.com/2GSMGPrvvP8FcPrbkPTLNE

☎️Info : WA 082138929596

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)