Senin, 26 Februari 2018

Lama Proses Ta'aruf, Khitbah dan Akad Nikah

┏﷽🍃💞🔴━━━━━━┓

۝ *Serial Tanya Jawab Pranikah* ۝

┗━━━━━━━━🔴💞🍃┛

🔹۩۞۞۞۝🕌📚🕌۝۞۞۞۩🔹

﴾ ** ﴿

📲Darul,  Surabaya

📑afwan ustadz,.. mau bertanya,. idealnya berapa lama maksimal proses taaruf itu, dan jarak antara khitbah dengan akad nikah? ada batasanny kah?? berapa bulan misalnya. 

📑Jawaban : 

🔴Secara dalil nash, kami belum menemukan dalil yang sharih dan shahih tentang keharusan adanya jarak waktu tertentu ta'aruf dan jarak antara khitbah (lamaran) dan akad. Apakah harus sebulan, dua bulan, tiga bulan atau berapa lama waktu.

🔴Kalau pun jarak waktu itu dibutuhkan, barangkali sekedar untuk memberikan waktu untuk lebih mengenal dan beberapa persiapan yang bersifat teknis. Karena setiap orang berbeda dalam mengambil keputusan, ada yang cepat dan ada juga yang membutuhkan waktu beberapa lama.

🔴Begitu juga mengenai khitbah (lamaran) setelah itu akad nikah. Biasanya, setiap akad nikah yang akan digelar memang membutuhkan persiapan-persiapan teknis yang mutlak.

🔴Sebagian orang ada yang butuh waktu untuk mengumpulkan dana, atau untuk mencari tempat yang akan disewa, atau keperluan-keperluan lain yang manusiawi.

🔴Sehingga menurut hemat kami, jarak waktu ini dikembalikan kepada al-'urf (kebiasaan dan kepantasan) serta tuntutan hal-hal yang bersifat teknis semata.

🔴Dengan demikian, seandainya kedua belah pihak telah siap segala sesuatunya, atau mungkin juga tidak terlalu merepotkan urusan teknis, akad nikah bisa digelar saat itu juga berbarengan dengan khitbah.

🔴Maksudnya, sesaat setelah khitbah diterima, langsung saja digelar akad nikah. Sehingga tidak lagi memboroskan waktu, biaya, dan kebutuhan lain. Apalagi ta'aruf antara kedua mempelai sudah menghasilkan kesaling-cocokan. Maka buat apa lagi menunggu, begitu barangkali logikanya.

🔴Metode seperti ini kalau memang ingin dilakukan, tentu tidak ada larangan, lantaran memang tidak ada nash yang melarangnya.

🔴Secara umum, semakin cepat akad nikah dilakukan akan semakin baik. Karena niat baik itu memang biasanya harus dipercepat. Selain juga untuk memberikan kesempatan kepada kedua calon pengantin untuk dapat segera menunaikan hajat mereka.

🔴Sebab dalam beberapa kasus, terkadang karena terlalu lama jarak antara khitbah dengan akad nikah, terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, seringnya terjadi khalwat, pacaran bahkan -naudzubillah- sampai ke tingkat perzinaan. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya, maka sebaiknya jarak waktu antara khitbah dan akad tidak terlalu lama. Cukup sekedar bisa mempertimbangkan masalah teknis saja.

📚 Tanya Jawab dalam Kuliah Pranikah Online via WA

➖➖➖➖➖➖

۞Allahu A'lam

📖سبحا نك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك

🔹۩۞۞۞۝🕌📚🕌۝۞۞۞۩🔹

📝 *Ust. Miftahuddin*

۝Pembina Grup WA BARIS (Bahasa Arab Praktis), IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami),  KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah), KASABA (Komunitas Saling Berbagi), KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab), KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an), KIPRAH (Kuliah Pra Nikah), KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa), KKS (Kuliah Keluarga Sakinah), KUPAS (Kuliah Parenting Spesial), SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)

💞(Komunitas Rindu Menikah) ۞ *39*
♻️Bersama, memperbaiki diri meraih ridha-Nya♻️

💞Tujuan grup :

📝 Mempererat ukhuwah, saling mengingatkan dan bersama-sama memperbaiki diri, mengkaji ilmu syar'i dalam penantian jodoh, meraih ridha Allah ﷻ.

Silahkan klik link tautan grup di bawah ini :

📲 *Khusus akhwat (perempuan)*, silahkan klik tautan berikut ini :
https://chat.whatsapp.com/CBEkzplVFnzFt0i05bGdH0

📲 *Khusus ikhwan (laki-laki)*, silahkan klik tautan berikut ini : bisa
https://chat.whatsapp.com/9c2BnZXyWPf8G0HR2Wazjj

📡Distributed :

۝BARIS (Bahasa Arab Praktis)
۝IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami)
۝KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah)
۝KASABA (Komunitas Saling Berbagi)
۝KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab)
۝KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an)
۝KIPRAH (Kuliah Pra Nikah Online)
۝KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa)
۝KKS (Kuliah Keluarga Sakinah)
۝KUPAS (Kuliah Parenting Spesial),
۝SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)

☎️Info : WA 082138929596

♻️ _Silahkan dishare_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)