Selasa, 06 Juni 2017

Penyebab "Kegagalan" Nabi Nuh Mendidik Anaknya

┏﷽🍃🔴🔴━━━━━━┓

۝ *Serial Parenting* ۝

┗━━━━━━━━🔴🔴🍃┛

🔹۩۞۞۞۝🕌📚🕌۝۞۞۞۩🔹

۞﴾﴾﴾ ** ﴿﴿﴿۞

🔴Siapa yang tidak kenal dengan Nabi Nuh, nabi yang satu ini merupakan salah satu nabi yang dikisahkan dalam Al-Qur’an sebanyak 50 kali karena perjuangannya yang sangat luar biasa, bahkan beliau merupakan sebagian nabi yang Allah ﷻ karuniakan gelar Ulul Azmi.

🔴Kurang lebih 500 tahun beliau berdakwah mengajak kaumnya untuk menyembah Allah ﷻ, namun tenyata hanyalah sebagian saja yang mau mengikuti dakwahnya, ironisnya istri dan anaknya yang bernama Kan’an pun menolak ajakan dakwah dari Nabi Nuh.

🔴Yang akhirnya Allah ﷻ tenggelamkan pada kejadian banjir bandang yang menimpa kaumnya yang durhaka. Kisah tentang kedurhakaan anaknya (Kan’an) tentunya tidak lagi diperselisihkan kebenarannya sebab Allah  ﷻ dalam Al-Quran secara jelas menceritakan peristiwa tersebut dalam surah huud ayat 42:

وَهِيَ تَجْرِي بِهِمْ فِي مَوْجٍ كَالْجِبَالِ وَنَادَىٰ نُوحٌ ابْنَهُ وَكَانَ فِي مَعْزِلٍ يَا بُنَيَّ ارْكَب مَّعَنَا وَلَا تَكُن مَّعَ الْكَافِرِينَ

📃“Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya, sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: “Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir”. (QS. Hud : 42)

🔴Jika mengacu pada teori pendidikan, tentunya hal ini menimbulkan satu tanda tanya, yaitu apa kira-kira penyebab “kegagalan” atau lebih tepatnya kedurhakaan Kan’an? Apakah memang ada kaitannya dengan pendidikan yang diberikan Nabi Nuh? Padahal beliau adalah seorang yang bertitel sebagai Nabi?

🔴Sebab dalam teori pendidikan ditemukan sebuah rumusan bahwa keshalihan anak tergantung dari pendidikan yang diberikan oleh orang tuanya. Begitu juga sebaliknya kegagalan anak pun disebabkan kegagalan orang tua dalam mendidiknya.

🔴Tentunya ada rahasia besar dibalik kegagalan tersebut, maka kita akan menemukan rahasia tersebut yaitu antara lain adalah Allah ﷻ hendak mengajarkan kepada manusia bahwa hidayah adalah hak mutlak milik Allah ﷻ, manusia hanya mampu  berusaha.

🔴Bahkan sebenarnya bukan hanya Nabi Nuh saja, melainkan nabi-nabi yang lain. Hal yang serupa pun pernah menimpa Nabi Muhammad ﷺ yang ditakdirkan gagal untuk mengajak pamannya memeluk agama Islam dan Allah ﷻ secara tegas menyatakan:

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَن يَشَاءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

📃“Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak akan dapat memberi hidayah (petunjuk) kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi hidayah kepada orang yang Dia kehendaki, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk”. [QS. Al-Qashash : 56]

🔴Hanya saja, bukan hanya kegagalan yang dikisahkan oleh Allah ﷻ dalam Al-Qur’an melainkan kesuksesan dari orang tua dalam mendidik pun banyak diceritakan.

🔴Seperti halnya Lukman Al-Hakim, Nabi Ibrahim dll. Itu menandakan bahwa orang tua  memang mempunyai peranan penting dalam kesuksesan anak-anaknya.  Hanya saja hasil finalnya adalah takdir Allah ﷻ.

🔴Jadi benarlah apa yang dikatakan seorang bijak yang pernah mengatakan:

📑“Jika para pendahulunya adalah orang baik, maka keturunanya pun akan baik. Sungguh menakjubkan jika sekuntum mawar tumbuh di tengah pohon-pohon yang berduri.

🔴Namun terkadang juga ditemukan keturunan yang buruk berasal dari para orang-orang tua yang baik, sebagai bukti bahwa Allah ﷻ Maha Kuasa untuk membolak balikkan suatu keadaan”

📚ngajionline

➖➖➖➖➖➖

۞Allahu A'lam

سبحا نك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك

🔹۩۞۞۞۝🕌📚🕌۝۞۞۞۩🔹

📝 *Ust. Miftahuddin*

۞Pembina Group WA Karimah (Komunitas Rindu Menikah), KIPRAH (Kuliah Pra Nikah) & KKS (Kuliah Keluarga Sakinah)

📡Distributed : 

۞Karimah (Komunitas Rindu Menikah) 

۞KIPRAH (Kuliah Pra Nikah Online) 

۞KKS (Kuliah Keluarga Sakinah) 

۝Group WA Karimah ۞22۞ :

*Khusus akhwat (perempuan)*, silahkan klik tautan berikut ini : 

https://chat.whatsapp.com/IRrIHci22m07eR7FgPo1pL

*Khusus ikhwan (laki-laki)*, silahkan klik tautan berikut ini :

https://chat.whatsapp.com/0LrSyQEIOrR7YIq2ASpoYx

📞Info : WA 082138929596

_Silahkan dishare_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)