Minggu, 29 November 2015

"AMAZING SALES Part 1"

��RESUME NGOBIS PK Se-JATENG��
�� Kamis, 26 November 2015
⏰ Pukul 20.00 - 22.00 WIB
���� Rizqon Lazuardi
�� CEO CV. Fitrah Berkah Sejahtera (Apparel Supply Company) dan
Owner Oblong Van Jogja (OVJ)

������������������������������

          "AMAZING SALES Part 1"

Oke Alhamdulillah bisa bersilaturahmi lagi dengan temen-teman hebat, temen- temen pemberani, temen-temen yang siap membela negara dengan membuka lapangan pekerjaan.
Langsung saja malam ini materi ya, karena Insya Allah di sini semua Bakul (Penjual) jadi kita ngomongin Do Dolan (Berjualan)
Garda depan dalam sebuah perusahaan, namun jabatan yang sering dipandang sebelah mata. Jika mengenalkan diri profesi Sales ki mesti  pikiran yang mendengarkan adalah yang enggak enggak.
Sales...
Semua orang memiliki kemampuan ini. Menjual dapat dilakukan oleh semua orang.
Pada dasarnya setiap orang punya naluri menjual. Kita lihat saja sosial media, mereka menuliskan status secara tidak langsung itu adalah jualaan, menampilkan Nilai, menunjukkan kehebatan suatu barang sehingga paling tidak mendapatkan apresiasi dr orang lain.
Minimal Like dan paling banter pujiaan, Berhasil.
Semakin banyak like, semakin bergairah jualannya. Semakin banyak comment positif, semakin candu statusnya, CLOSING....berhasil.
Nah jika dalam bisnis, Kita benar-benar menjual produk kita goal nya apa? Iya betul CLOSING.
Malam ini kita coba tidak hanya bermain di Sales yang Amazing, tapi bagaimana CLOSING yang Amaziing.
Pertama...basic dr jualan dengan siapa kita bertransaksi?
MANUSIA.
Hal yang pertama kita lihat dan latih, Bagaimana kita memanusiakan manusia.
Sifat Manusia 80% senang dengan kenyamanan diri, 20% menghindari kerugian.
Jadi isinya manusia itu oportunis, tidak mau rugi.
Nah dengan point tersebut bagaimana kita mengoyak hati dan pikiran manusia untuk bisa menjadi Cuatomer, Klien, Pelanggan dan Fans dr produk kita.
Siaaaap?
Oke karena banyak sekali teknik Closing yang akan saya sampaikan malam ini adalah sebagian dlu, karena waktunya gak akan cukup kecuali kalau mau sekalian Tahajud dan Subuhan berjamaah bersama..��

1. Dalam menawarkan dagangan, berikan pertanyaan dengan jawaban pasti "Ya"
               Sampel....
"Maaf bapak..mudah kan menemukan toko kami ! Ya"
"Maaf bapak perlu mobil pick up atau Sedan"! Iya saya pengen sedan.
Jangan sampai konsumen menjawab tidak.

2. Lanjut kmudian jangan sampe percakapan berakhir di Anda.
               Sampel...
"Waduh Harganya mahal" !
Iya bu...kulaknya juga udah mahal.....waaah GaSing (Gagal Closing)
"Oh iya pak, ini mobil harga memang sedikit lebih tinggi, tapi maaf bapak sudah membandingkan dengan produk dimana?"
"Memang sedikit mahal pak. Namun pribadi seperti bapak, sangat pantas memiliki produk yang berkualitas
*akan tetap terjadi pembicaraan lanjut.

3. Berikan 3 keuntungan secara ringkas dalam satu penawaran.
"Kalau bapak sudah berada di jok kemudi anda akan merasa lebih nyaman tidak mudah capek dan terlihat lebih elegant. Oiya, bapak apabila anda mengambil mobil hari ini kami akan memberikan tambahan Variasi body, tambahan Sound dan pelindung Cat body.
Sampai disini sudahkah terbayang?
Bayangkan ketika anda sebagai bapak itu. Sudah mulai galau kan.
Sebelum Galaunya habis tembak langkah ke 4.

4. Mereka HARUS memutuskan saat itu juga..kalo tidak..Dia Akan Memyesal
               Sample...
"Bapak, bonus-bonus tadi hanya berlaku untuk.pembelian hari ini pak. Kalau anda ambil hari Senin harga sudah naik pak".
"Kalau hari ini ada pembeli lain yang mengambilnya, saya khawatir bapak akan kehabisan".
Sembari mereka memikirkan kerugian mereka hantam lagi dengan tambahan kenikmataan.

5. Beri Kejutan yang menyenangkan biar tambah galau menggeru geruu.
         Sampel...
"Bapak, gimana pak sudah mantap ambil yang putih atau hitam dengan plus plus keuntungan yang akan anda dapatkan khusus hari ini pak. Bapak kalau jadi anda bawa mobil hari ini karena bapak sudah jauh jauh dr Ngawi ke Solo kami tawarkan 1 voucher menginap di hotel Solo, saat ulang tahun anda atau keluarga anda".
Dari 5 teknik ini sudah kah di tangkap, apa yang kira mainkan?
Yup...kita memainkan Emosi, karena 80% anda membeli barang karena memggunakan emosi. Dan Logika hanya 20% saja.

Dari 5 diatas, sebagai penjual kita harus sudah tahu :
��Kenapa orang Harus Beli  Produk Anda?
��Kenapa mereka harus percaya pada omongan anda?
��Kenapa orang harus beli Sekarang?
Oya, bahasa dalam pelayanan terhadap konsumen disesuaikan dengan target market produk kita. Kalau kita jualan Sayur ya jangan "Bapak, kalau bapak membeli sayur ini sekarang bapak akan mendapatkan bonus Mobil"

❗❓❗❓❗❓❗❓❗❓❗❓❗❓❗

��T : Saya sama-sama sales kaya njenengan, tp agak berbedanya, konsep saya banyakan negosiasi dulu, gak bisa langsung pake metode closing pada waktu itu jg, bagaimana cara mengsiasatinya?
��J : Oke mas, saya juga sama ketika saya, mendapati klien di divisi pemesanan.
Jadi seperti saya bilang di tiap produk tidak sama perlakuannya, baik dari penyampaian bahasa, keuntungan keuntungan dll
Gambaran besarnya seperti ini, teknik diatas masih sangat relevan digunakan meski tidak hari itu juga closing.
Namun pendekatan emosional dan penawaran penawaran yang 5 tadi silahkan di Pakai misal gini.
Hari ini penawaran kirim, besok konfirmasi jangan lelah atau malas menanyakan.
Setelah ketemu dengan Si Target mulaialah teknik tadi. Pertanyaan kepada konsumen Mobil beda dengan Carica.
Kawan saya tadi malam baru ceritta. Mas saya gabis ikut pameran di Bontang. Saya akhirnya closing 1 rumah seharga 900juta. Apa yang anda lakukan terhadap konsumen itu.
Saya sudah ngobrol dengan seorang bapak yang datang liat pameran, akhirnya saya tahu dia dr jogja saya tawari keunggulan, bonus dll. Galaunya bapak ini masih 75%. Kemudian saya teringat simbah saya saat meninggal di Wonogiri, tapi dikuburnya di Jogja..jarang ada yang nengok karena kejauhan
Dan itu yang saya jadikan senjata Closing.
Pak anda dari jogja, keluarga anda di jogja kebanyakan, masa bapak mau dikuburkan di Bontang sendirian.
Setelah telpon istrinya 15jt buat tanda jadi.

��T : Di era Teknologi , Teknik sales&closing pake medsos yg cocok sprti apa biar amazing?
��J : Online sosmed adalah Tool saja, bukan senjata utama
Jawabnya....Tulisan anda
Tetep yang utama adalah bagaimana kita mengobrak abrik emosi konsumen.
Kalau online kan kita gak ketemu orangnya mas? Betul menggunakan Teknik Copywrriting
��Jualan sepatu
Dijual sepatu dari bandung nyaman enak murah
atau
Tak harus jadi Ariel untuk bisa keren. Olah emosi konsumen mas.
〽Jualan Sprei
Jual sprei harga murah kualitas oke, enak dan lembut
atau
Meski jomblo serasa tidak tidur sendirian.

��T : Saya jualan kacang kecepit aw..aw. Mau tanya cara memasarkan produk gmn ya?
��J : Ada Sales...
Ada Marketing
Ada Branding...
Ketiganya beda Goal
Ini juga masalah marketing
Bedanya marketing dan Seling adalah Beda Goal, tapi saling support.
Saya jawab Sellingnya ya :
1.Tentukan target market anda
2.Ketika sudah tau target market anda petakan
3. Lakukan teknik Closing diatas.

��T : Gimana caranya kita positioning produk baru yg belum dikenal dipasar mas? (bukan pasar mobil tapi)
�� J : Kalau memurut saya Posistioning lebih ke marketing. Kalau positioning lho....jadi memang goalnya bukan Closing, tapi Demand. Semakin permintaan anda banyak, produk anda akan semakin di cari.

�� T : Teknik/contoh2 nyeles diatas tadi apakah benar- benar adanya atau cuma omongan untuk mengikat customer?
kalo misal td bilang bsok senin naik apakah naik beneran ya ?
��J : Ketika anda punya produk, dalam menjualnya standar jualannya adalah 150jt, batas bawah 135jt.
Dalam masa promo kasihlah harga 145 kalau closing hari itu minta turun lagi kasih 5jt lagi, anda masih punya 5jt. Trus kalau senin.harga naik, kalau senin ya jadi 150jt, harga standar, tapi juga gak saklek.
Yang penting JANGAN BOHONGI KONSUMEN
Wkkkk....pemerahan susu, sdh krjasama dgn nesle tpi cari tenaga kerja ya awoooh susah buanget
pengen mudah...??
Ya awoooh nya...ganti mas
Ya Allah berikanlah kekuatan dan petunjukMu untuk mendapat karyawan.
Insya Allah dapat mas
Teknik tersebut sudah pernah semua saya coba.
Dari mulai saya jaga Toko Dagadu sampai jualan sendiri.

������������������������������

Pesen saya sebagai pedagang, keuntungan kita ada beberapa macam salah satunya HALAL HARAM HARTA KITA .kita bisa mengantisipasi pilih dan pilah...
Kedua, teknik diatas hanyalah teknik manusi to manusia yang memutuskan adalah Allah SWT so mendekatlah padaNya, di tiap panggilanNya. Nyuwun, nyuwun (minta), syukur dan nandur (tanam).
=====================================

❓Ingin mengetahui lanjutannya?
��Follow akun LINE Pengusaha Kampus Jateng di sini!

http://line.me/ti/p/%40kxg9812w

��Salam Pengusaha Kampus��
      Muda, Beda, Mendunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)