Sabtu, 24 Oktober 2015

MEREDAM KEGELISAHAN DENGAN BER-DZIKIR.

Tiadanya keseimbangan antara harapan dengan kenyataan akan menimbulkan rasa gelisah, disebabkan karena banyak orang mendefinisikan hal itu sebagai sebuah masalah, padahal semua yang terjadi dalam kehidupan ini semata-mata karena kehendak-Nya.

“Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah. Dan barang siapa yang ber-Iman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya”. [At-Taghabuun 11].

Ketiadaan kesadaran pola pikir seperti itulah yang berakibat sebuah kegelisahan, sementara berbagai masalah akan datang silih berganti.

"Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkan nya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya". [Yunus 107].

Maka redamlah kegelisahan hati dengan meyakini bahwa semua rencana-Nya pastilah lebih baik dan lebih indah dari rencana kita.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu". [Al-Baqarah 216].

Pada hakikatnya dalam setiap masalah selalu ada kesempatan untuk mendekatkan diri kepada-Nya yaitu dengan senantiasa ber-dzikir untuk mengingat-Nya, agar kita mampu menggapai ketenteraman hati demi meredam kegelisahan hati.

"Orang-orang yang ber-iman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram”. [Ar-Ra’d 28].

Selain daripada ber-dzikir, maka tingkatkanlah keimanan kepada Al-Quran sebagai petunjuk & pedoman hidup kita.

"Al-Quran ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini". [Al-Jaatsiyah 20].

Semoga kita semua mampu meredam kegelisahan hati dengan senantiasa ber-dzikir untuk mengingat-Nya. Aamiin Yaa Rabbal'aalamiin............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)