Senin, 19 Oktober 2015

Menjaga Kesehatan Mata

Pagi yang cerah....
Mata adalah jendela hati, memiliki mata indah dan sehat adalah aset penting bagi wanita. Secantik apapun parasnya, bila mata sembab, memiliki lingkar hitam atau sakit menjadikan semua itu 'berkurang'.
Agar mata tetap indah dan 'kinclong', simak tips-tips berikut ini:
1. Sayur , Buah & Vitamin:
Mengkonsumsi sayur-sayuran hijau segar, buah-buahan yang mengandung  vitamin A atau minyak ikan, suplemen vitamin A baik untuk kesehatan mata. Tak hanya menjadi kan mata segar tapi juga melindungi mata dari penyakit seperti, mines, plus, katarak dan lain-lain.
2. Hindari Mengucuk Mata:
Jangan mengucek-ucek mata sembarangan dengan tangan karena selain tangan belum tentu bersih, kuman-kuman yang ada di tangan bisa ikut  masuk ke dalam mata sehingga menimbulkan penyakit dan gangguan mata.
3. Istirahatkan Mata:
Hindari  fokus terlalu lama di di depan komputer, TV, atau objek dekat dalam jangka waktu yang lama misalnya, membaca buku dan lain-lain. Sering-seringlan istirahat mata dengan melihat yang jauh-jauh dan rutin agar mata tidak kaku di satu titik fokus saja.
4. Hindari Cahaya Terlalu Terang:
Hindari melihat cahaya yang silau seperti matahari, objek terang di bawah sinar matahari, lampu, blitz kamera dan lain sebagainya karena dapat membuat mata jadi rusak dan bahkan mengakibatkan kebutaan total.
5. Lindungi Mata:
Hindari mata dari debu, angin, asap, kotoran untuk menghindari gangguan mata.
6. Baca Ditempat Terang:
Hindari membaca buku atau bacaan lain di tempat gelap/ kurang penyinaran atau membaca sambil tidur-tiduran karena bisa menimbukan penyakit mata.
7. Olah Raga Mata:
Lakukan olahraga mata / eye exercise dengan menggerak-gerakkan mata ke segala arah dan berputar-putar untuk menjaga penglihatan agar tetap baik dan sempurna.
8. Mengatasi Mata Sembab:
Kompres dengan irisan mentimun/ketimun atau teh hijau kantung selama kurang lebih 5-15 menit. Tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi agar cairan tidak berkumpul di mata.
Sumber : Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)