Rabu, 05 Juli 2017

Bolehkah Berdo'a Agar Dijodohkan Dengan Seseorang?

Saya Tiwi dr Jakarta..
Masih boleh bertanya:
Bisakah kita memohon kepada Allah untuk menjodohkan kita dengan seseorang? 
️Jawaban 
Berdoa kepada Allah dengan doa apapun dibolehkan, bahkan dianjurkan selama doa tersebut tidak mengandung dosa, pemutusan silaturrahim dan kedzaliman. Sebagaimana dalam hadits shahih dalam Musnad Ahmad dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلَّا أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنْ السُّوءِ مِثْلَهَا قَالُوا إِذًا نُكْثِرُ قَالَ اللَّهُ أَكْثَرُ
Artinya: “Tidaklah seorang muslim yang berdoa dengan doa yang tidak untuk keburukan dan tidak untuk memutus tali kekeluargaan, kecuali Allah akan memberinya tiga kemungkinan; doanya akan segera dibalas, akan ditunda sampai di akhirat, atau ia akan dijauhkan dari keburukan yang semisal, ” para sahabat bertanya, “Jika demikian kita minta yang lebih banyak, ” beliau bersabda: “Allah memiliki yang lebih banyak.” ( Musnad Ahmad ibn Hanbal, III/18,hadis no. 11149)
Termasuk bila ukhti berdoa untuk dinikahkan dengan si A atau B dengan menyebut namanya, dengan syarat si A atau si B tersebut memang lelaki shalih, dan berakhlak baik. Namun lebih utama bagi ukhti adalah berdoa dengan doa ; “Ya Allah bila fulan baik untukku, maka nikahkanlah aku dengannya…”. Sebab ukhti tidak tahu keberkahan dan kebaikan mana yang diinginkan oleh Allah bagi ukhti. 
Dalam al-Mudawanah dinyatakan,
قال وأخبرني مالك عن عروة بن الزبير قال: بلغني عنه أنه قال: إني لأدعو الله في حوائجي كلها في الصلاة حتى في الملح
Ibnul Qosim mengatakan, Imam Malik pernah menyampaikan kepadaku, dari Urwah bin Zubair
Telah sampai kepadaku berita dari Urwah, bahwa beliau mengatakan,
“Saya berdoa kepada Allah untuk semua kebutuhanku dalam shalat, sampai saya meminta garam.” (al-Mudawwanah, 1/192).
Hanya saja, perlu kita pahami bahwa tidak semua doa Allah wujudkan sebagaimana yang diminta hamba-Nya.
Terkadang Allah simpan menjadi pahala yang nantinya akan diberikan ketika di hari kiamat. Dan terkadang Allah wujudkan dalam bentuk Allah selamatkan dia dari musibah, yang senilai dengan doa yang dia minta.
Dari Abu Said al-khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda,
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ، وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ، إِلَّا أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ: إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا
Setiap muslim yang berdoa kepada Allah – selama bukan doa yang mengandung dosa atau memutus silaturahmi – pasti akan Allah ijabahi permohonannya dengan salah satu dari 3 bentuk:
[1] Allah ﷻ segerakan doanya, atau
[2] Allah ﷻ simpan doanya untuk diberikan ketika di akhirat, atau
[3] Allah selamatkan darinya musibah yang semisal dengan apa yang dia minta.
(HR. Ahmad 11133).
Karena itu, jika kedepannya Allah ﷻ takdirkan menikah dengan pasangan idaman, maka alhamdulillah, dan perbanyak memuji Allah.
Namun jika yang terjadi sebaliknya, Allah tidak takdirkan untuk menikah dengan orang pilihan, ukhti tidak perlu putus asa, apalagi muncul anggapan bahwa Allah mendzalimi. Karena doa tidak akan disia-siakan. Bisa jadi Allah tidak wujudkan sesuai yang kita minta, tapi Allah wujudkan dalam bentuk lain yang lebih bermanfaat dan lebih membahagiakan kita. Sehingga ukhti harus selalu mengedepankan sikap ridha dalam menghadapi semua takdir Allah ﷻ.
Pasrahkan pilihan yang terbaik itu kepada Allah, dan yakini, Allah memberikan yang terbaik untuk dunia dan akhirat.
Tanya Jawab Dalam Program Kuliah Pra Nikah (KIPRAH) Online
➖➖➖➖➖➖
۞Allahu A'lam
سبحا نك اللهم وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك وأتوب إليك
۩۞۞۞۝۝۞۞۞۩
 *Ust. Miftahuddin*
۝Pembina Grup WA BARIS (Bahasa Arab Praktis), IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami),  KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah), KASABA (Komunitas Saling Berbagi), KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab), KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an), KIPRAH (Kuliah Pra Nikah), KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa), KKS (Kuliah Keluarga Sakinah), KUPAS (Kuliah Parenting Spesial), SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)
Distributed :
۝BARIS (Bahasa Arab Praktis)
۝IKBI (Info Kajian & Bisnis Islami)
۝KARIMAH (Komunitas Rindu Menikah)
۝KASABA (Komunitas Saling Berbagi)
۝KIBAR (Kuliah Singkat Bahasa Arab)
۝KILAT-Qu (Kuliah Singkat Tahsin Al-Qur'an)
۝KIPRAH (Kuliah Pra Nikah Online)
۝KJI Annisa (Kontak Jodoh Islami Annisa)
۝KKS (Kuliah Keluarga Sakinah)
۝KUPAS (Kuliah Parenting Spesial),
۝SAHIDA (Sahabat Hijrah & Dakwah)
☎️Info : WA 082138929596
♻️ _Silahkan dishare_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika artikel ini bermanfaat, bantu share artikel ini. Lets change the world together :)